Minggu, 02 Desember 2012

BELAJAR AKTIF



Mengapa perlu diadakan kegiatan belajar aktif?
Untuk mempelajari sesuatu dengan baik, langkah-langkah belajar aktif dapat membantu mendengar, melihat, menanyakan, mendiskusikan, memecahkan masalah, menemukan contoh-contoh, mencoba ketrampilan-ketrampilan dan melakukan tugas-tugas yang harus dicapai.
Peserta didik akan berada dikondisi belajar terbaiknya jika mereka tahu cara melakukan metode pembelajaran dan mengembangkannya sesuai karakteristik masing-masing.
Bagaimana menemukan dan mengembangkan pembelajaran aktif?
Teruslah berlatih dengan berbagai macam strategi yang dirancang mampu menghidupkan dan memeriahkan ruang kelas. Ada begitu banyak strategi belajar aktif yang kesemuanya diarahkan dan dimaksudkan untuk mendalami kegiatan belajar dan ingatan.
Strategi-strategi yang ditemukan dan mampu menciptakan “flow” harus diulang-ulang agar dapat menjadi kebiasaan yang selanjutnya berubah secara otomatis menjadi sebuah karakter.
Tentunya kita sadar dan tahu bahwa tak ada suatu keberhasilan atau kesuksesan bisa dicapai tanpa ada karakter kuat yang mewujudkannya. Karakter menjadi kunci utama dari segala tujuan dan cita-cita. Karakter dan kesuksesan identik dengan dua sisi mata uang yang melekat satu sama lain.

Salam sukses luar biasa untuk kita semua!!!

Tidak ada komentar: