Minggu, 02 Desember 2012

TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
Ujian Nasional (UN) merupakan ajang untuk kemampuan diri. Saat itulah hasil belajar kita dievaluasi. Jangan grogi saat kita tengah mengahadapi UN. Tips berikut akan membantu anda dalam menghadapi UN:
1.      Berdoalah kepada Tuhan dan Mohon Restu kepada Orang Tua
Setiap keberhasilan ada keikutsertaan Sang Pencipta didalamnya. Berdoalah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN. Selain itu, jadikan UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua tercinta. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum UN agar diberi kemudahan dan kelancaran.
2.      Perbanyak Latihan Soal
Berlatih mengerjakan soal akan membuat anda terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaan anda terhadap materi semakin baik. Anda tidak akan cemas dan grogi dalam menghadapi soal UN.
3.      Belajar Kelompok
Dengan belajar kelompok, anda dapat berbagi dengan teman yang lain dalam menyelesaikan atau memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar. Manfaatkanlah waktu anda dengan belajar secara berkelompok.
4.      Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif
UN merupakan ajang yang sangat prestisius. Tidak mengherankan jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam pelaksanaan UN.
Misalnya, membeli bocoran soal atau melakukan kecurangan saat UN. Hindari tindakan-tindakan seperti itu. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya tuhan akan memberi kemudahan.
5.      Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam
Belajarlah jauh-jauh sebelum hari UN tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat. Justru pada hari-hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondisi tubuh anda dengan makan-makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup.
6.      Hindari Kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar
Untuk sementara tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa menggangu konsentrasi belajar. Seperti: bermain play station, chatting di internet, dan menonton televisi yang berlebih.
Semoga bermanfaat. Salam sukses luar biasa!!!

Tidak ada komentar: