Minggu, 09 Desember 2012

TIPS MENJAGA PERSAHABATAN


TIPS MENJAGA PERSAHABATAN

Oke kawan,,, kita tentu tau ya. Betapa pentingnya persahabatan itu dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Tentu saja kita memiliki makna sendiri untuk mengartikan seberapa pentingkah sahabat bagi hidup kita.
Disini, sedikit saja saya ingin berbagi tips untuk menjaga persahabatan kita untuk tetap awet dan langgeng selamanya. Bukankah itu yang kita harapkan bersama???
Langsung saja kawan. Tips yang pertama dari saya yaitu:

o   JAGA KEPERCAYAAN

Didalam suatu hubungan, kita tentu saja butuh ini untuk menguatkan dan saling mempercayakan satu sama lain. Termasuk didalam persahabatan. Kalo mau dipercaya sama sahabat kita ya tentu saja kita harus menjadi orang yang dapat dipercaya.
Menjaga kepercayaan itu mudah kok, tinggal bagaimana cara kita saja tidak membuatnya merasa terkhianati. Kita benar-benar harus menutup apa yang menjadi rahasia antara kamu dan sahabat kamu. Dengan catatan itu tidak merugikan orang lain yaaa...
Yang pasti kita saling percaya saja itu saya rasa sudahlah cukup.

o   Yang kedua yaitu KOMUNIKASI

Wuizzzz... ini sangat penting mblo, karna komunikasi itu sendiri merupakan cara manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya. Tanpa komunikasi ya nihil lah kita bisa awet menjalin hubungan. Hahaha...
Komunikasi ini penting ketika misal sahabat kita sedang berada jauh dari kita. Diluar kota misal, tentu saja komunikasi dengan berbagai teknologi akan dijelajahi untuk bisa tau kabar sahabat kita yang jauh disana itu. Kita bisa gunakan handphone,,, ato pun jejaring sosial seperti facebook ato mungkin twiter yang sering kita gunakan. Ato mungkin BB-an, e-mail-an, bisa juga YM-an. Wah!! Tambah komplit aja nih teknologi..
Kita tak perlu takut, karna sekarang jaman semakin canggih mblo. Apapun bisa kita jelajahi. Mantap kan??? Manguntur mbloooo...

o   Oke, yang ketiga yaitu KETEMUAN

Wah.. ini yang paling asyik, tapi kadang terabaikan oleh kita mblo. Sadar ato tidak ketika kita mengenal dunia baru,  kita lupa tuh ama yang lama.... waduh bisa berabe nih!!
Jangan sampai ya mblo,, kawan lamalah yang membuat kita siap berinteraksi dengan yang baru.
Kan sebelum kita mengenal kawan yang baru, tentu saja kita sudah mengenal kawan yang lama. Jadi mblo... jangan lupa adain meeting ama sahabat kita yang dari SD misal, ato bahkan PAUD... ato mungkin sejak lahir mblo, hahaha karna pas lahir disejajarkan ranjangnya dengan kita.. wkwkwk
Mantap nggak tuh. Iyalaaaah. Kata manguntur, itu biasa.
Tapi nggak buat kita.. kita luar biasa mblooo...

o   Yang selanjutnya adalah KALIMAT SAKTI

Tau nggak kalian mblo..??? kalimat sakti itu apa???
Saya mengartikan itu dengan ucapan untuk penenang hati mblo,, maksudnya adalah ucapan yang memiliki arti yang membuat sahabat kita itu menjadi orang yang benar-benar penting dalam hidup kita.
Kalimat sakti itu bisa berupa ucapan terimakasih, ucapan maaf, dan tentu saja ucapan sayang mblo..
Ketiga ucapan tersebut memiliki arti yang berbeda-beda,
Ucapan terimakasih bisa kita ucapkan pada sahabat kita yang sudah mau berbagi dengan kita. Ibaratnya kita berhutang banyak sama dia. Tak cukup dengan membayar, tapi ucapan terimakasihlah yang dibutuhkan dalam pelunasannya. Bayangin aja mblo,,, sahabat dengan uang itu sangat jauh. Misalkan saja kita dibantu sahabat kita menyelesaikan tugas dari dosen untuk menuju ke tempat PPL secara dadakan, dan saat itu juga kita nggak bawa cukup uang mblooo...
Coba,, apa yang akan sahabat kita lakukan mblo,,, pasti ada 2 hal. Yang pertama: dia bisa saja minjemin kita kendaraan mblo, untuk kita bisa sampai sana. Ato mungkin kita diberi angpo, setidaknya cukuplah untuk kita sampai sana dengan selamat.
Dan lihat reaksinya ketika beberapa hari dari hari itu, kita mau mengembalikan uangnya mblo... kita nggak bisa membayar hanya sekedar dengan uang yang kita pinjem itu. Tapi ya harus dengan ucapan terimakasih. Disitu letaknya mblo. Dan masih banyak lagi...

Yang kedua yaitu ucapan maaf.
Kita sebagai manusia kan nggak pernah luput dari sifat khilaf yang kita punya kan mblo... maka dari itu, ucapan maaf penting banget. Nggak Cuma pada sahabat kita saja mblo, tapi pada semua orang yang kita pernah buat salah ke orang tersebut.

Yang terakhir adalah ucapan sayang mblo, pernah nggak sih??? Kalian ngucapin kata sayang ke sahabat kita. Wuihhh.... rasanya mblo, ketika mendengar itu dari sahabat kita, kita seakan jadi orang paling berarti deh dari sekian banyak temen-temennya. Mantap nggak tuh manguntur???? Kata manguntur sih tetep aja biasa aja!!!
Hahaha... tapi beneran mblo,, saya nggak bohong. Kalimat sakti ini penting banget mblo. Coba aja. Rekatkan kembali hubungan persahabatan kalian.
Dan tentu saja lihat hasilnya mblo...

o   Yang terakhir tips dari saya mblo, yaitu SALING SUPORT aja.

Ini penting ketika sahabat kita mulai down spirit mblo... kita perlu men-suportnya dengan kalimat-kalimat yang baik tentunya.
Dengan tujuan untuk membuatnya kuat. Dan tegar dalam melewati masalah yang ia sedang hadapi mblo...


Jadi 5 tips yang saya rasa cukup kuat untuk lebih mengeratkan hubungan persahabatan kita mblo...
Jalin persahabatan dengan tulus...
Sukses luar biasa untuk kita semua mblo...!!!!

Tidak ada komentar: